Beda Pendapat, Feedback, Kritik

admin 06/04/2021 0
Beda Pendapat, Feedback, Kritik

Beda Pendapat, Feedback, Kritik,

Oleh: Eka Wartana

Komunikasi nampaknya sederhana tapi ternyata tidak sesederhana yang terlihat. Buktinya masih banyak terjadi salah-pengertian dalam komunikasi karena kurangnya pemahaman tentang informasi terkait.

Rambut sama hitam, tapi pendapat belum tentu sama. Begitu pula pendapatan masing masing berbeda. Semuanya serba relative.

Ada orang yang menghargai pendapat orang lain yang berbeda, tapi ada juga orang yang merasa dirinya sendiri yang benar. Lebih parah lagi kalau sudah mengadili sebelum tahu permasalahannya.

Pendapat yang berbeda sering disebut dengan dissenting opinion . Menurut Merriam-Webster Dictionary artinya: lack of agreement atau harmony (tidak sependapat).

Pendapat yang berbeda bisa menjadi feedback (umpan balik) yang bermanfaat bagi public. Feedback itu sendiri menurut Merriam Webster adalah informasi yang meluruskan informasi yang diberikan sebelumnya (evaluative or corrective information about an action, event, or process).

Sayangnya perbedaan pendapat dan umpan balik sering dicampur-adukkan dengan kritik yang artinya jauh berbeda. Kritik lebih berupa penilaian keras dan mencari kesalahan daripada memberi umpan balik atau pendapat yang berbeda.

Buat orang yang baper, dan playing victim, beda pendapat dan umpan balik sering dianggap sebagai kritik. Ada kecenderungannya untuk memanipulasi informasi, bahkan sampai melancarkan fitnah sebagai pelampiasan kemarahannya.

Satu lagi salah pengertian dari orang baper: sikap assertive dianggap sebagai aggressive, dan sikap passive dianggap sebagai setuju.

“Ketika emosi berkuasa, ketika itu logika tiarap”

Keputusan emosional akan menjebak orang pada dua hal yang ekstrem:

membenarkan yang salah atau menyalahkan yang benar.

Keputusan sebaiknya dibuat ketika emosi dan rasio seimbang

(The MindWeb Way)

#feedback #kritik #dissentingopinion #umpanbalik #baper #aggressive #assertive #relativecontradictive #mindwebwayofthinking #mindweb #ekawartana

Salam Relative-Contradictive,

Eka Wartana

Founder, Master Trainer The MindWeb Way of Thinking

Author: Relative-Contradictive dalam Profesi, Berpikir Tanpa Mikir, MindWeb

www.mindwebway.com

WA 081281811999, 08121016265

Email: eka.wartana@mindwebway.com , ewartana@gmail.com

Leave A Response »