Mengejar Harga Rumah

admin 31/03/2017 0
Mengejar Harga Rumah

Mengejar Harga Rumah

Oleh: Eka Wartana – The MindWeb Way

Bisakah seorang karyawan memiliki rumah dengan menabung….? Bisa ya, bisa tidak. Karyawan dengan jabatan tinggi tentunya akan mampu memiliki rumah dengan menabung. Tapi pada umumnya hampir tidak mungkin seorang karyawan memiliki rumah dengan tabungannya, kecuali kalau dia mempunyai sumber income lain selain gajinya

Artikel saya sebelumnya membahas tentang hal ini berjudul Adu Balap: Harga Rumah dan Tabungan. Nah, bagaimana caranya supaya Tabungan bisa mengejar Harga Rumah….?

Tanpa berbuat apa apa, rasanya sulit untuk memiliki rumah sendiri. Ada beberapa hal yang kiranya bisa membantu para karyawan biasa untuk mempunyai rumah sendiri, diantaranya:

  • Melonjakkan karir sehingga gaji bisa meningkat tajam.
  • Membeli rumah dengan cara kredit.
  • Mencari pasangan dari golongan mampu (mengharap warisan dari mertua….)
  • Menambah pemasukan dengan usaha sampingan

Membeli rumah dengan kredit sudah dibahas dalam artikel Adu Balap: Harga Rumah dan Tabungan.

Yuk kita focus pada peningkatan karir saja, yang sangat penting untuk membangun masa depan, bukan hanya untuk rumah, tapi juga menjadi modal seumur hidup berupa kompetensi dan ilmu pengetahuan.

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh karyawan adalah memelihara mindset negative. Sedikit kena marah, langsung ngambek, malas-malasan dan masa bodoh. Dia terlalu didominasi oleh perasaannya dengan mengabaikan logika. Akibatnya, dia Rugi Dua Kali: kesan negative dari atasannya dan performanya semakin merosot (kesan atasannya menjadi semakin buruk), plus rasa sakit hati. (rupanya 3 kali rugi ya….?). Parahnya, Semakin Tenggelam Karirnya….tinggal menunggu terminasi saja….

Beberapa tips untuk meningkatkan karir:

  • Memiliki ambisi untuk posisi yang lebih tinggi. Namun, tetap perlu menjaga harga diri tanpa “melacurkan diri” dengan menjadi penjilat, dan menempuh cara yang fair.
  • Menyelesaikan tugas sebelum jatuh temponya (dead-line). Jangan sampai dikejar kejar.
  • Selalu mencari cara kerja dan proses yang lebih baik, melalui continuous improvement dengan efisiensi dan efektifitas tinggi. Dengan begitu kita bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik.
  • Terus mendukung atasan. Kalaupun ada kemungkinan karya kita diklaim oleh dia, biarkan saja. Kebenaran tidak akan punah oleh pengakuan. Bersaing dengan atasan hanya akan memperburuk situasi.
  • Selalu siap membantu perkembangan karyawan lainnya. Kolaborasi dalam kompetisi seringkali lebih baik hasilnya bagi semua pihak.

Dalam artikel lain ada rumus 2B, yaitu Before and Better. Detail tentang hal ini bisa dilihat dalam artikel Tips Praktis Promosi Jabatan dan Tips Praktis Promosi Jabatan – Lanjutan.

Dengan melakukan Your Best secara konsisten maka gaji akan meningkat lebih cepat dari karyawan lainnya. Kelihatannya gampang ya…..? Memang tidak sesulit yang dibayangkan kok, asal semuanya dihadapi dengan penuh rasa optimis dan positive…..

Dengan demikian semoga kecepatan kenaikan tabungan bisa mengejar harga rumah….. minimal mengejar uang mukanya…….

Mengejar kereta jangan memakai sepeda…. Tapi pakailah pesawat…. Lebih tinggi, lebih cepat!

Mengejar Harga Rumah…? Minta bantuan Superman untuk membawa Tabungan kita!

 

Artikel terkait:

https://mindwebway.com/?p=1455 (Adu Balap: Harga Rumah dan Tabungan)

https://mindwebway.com/?p=1163 (Semakin Tenggelam Karirnya)

https://mindwebway.com/?p=1138 (Tips Praktis Promosi Jabatan)

https://mindwebway.com/?p=1142  (Tips Praktis Promosi Jabatan – Lanjutan)

https://mindwebway.com/?p=1240 (Rugi Dua Kali, Kok Mau?)

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Founder The MindWeb Way of Thinking, Penulis Buku Berpikir Tanpa MikirA Thinking Breakthrough, Buku MindWeb –  A New Way of Thinking, Professional Licensed Trainer (MWS), Praktisi berpengalaman 33 thn dibidang Management

mindwebway.com    www.facebook.com/eka.wartana.5

 

Leave A Response »