Prestasi Yang Terlupakan

Eka Wartana 17/01/2024 0
Prestasi Yang Terlupakan

Oleh: Eka Wartana

Banyak Perusahaan mencapai prestasi yang luar biasa. Banyak yang berhasil membuat terobosan terobosan bagus yang meningkatkan profit Perusahaan.

Hasil hasil itu dicapai baik oleh team maupun oleh individu. Namun, berbagai keberhasilan itu tidak dirangkum dalam satu catatan: Book of the Record. Akibatnya:

  • Lama kelamaan semua prestasi itu akan terlupakan dan terhapuskan oleh waktu.
  • Momentum prestasi itu tidak berkelanjutan. Semuanya kembali menjadi biasa biasa saja. Karyawannya kembali masuk ke dalam jebakan rutinitas kerja.

Bagusnya masih ada Perusahaan yang menerapkan program Continuous Improvement. Progam ini sangat bagus karena mampu merangsang Perusahaan dan karyawan untuk terus menerus memicu dan memacu prestasi yang lebih baik dan lebih baik. Ada juga Perusahaan yang menerapkan Balanced Score Card (BSC) sehingga prestasi kuantitatif bisa dikelola dengan baik. Tapi ada hal hal yang kualitatif yang belum terbaca dengan jelas di dalam BSC.

Misalnya, adanya terobosan proses baru dalam delivery barang sehingga barang yang biasanya didatangkan dalam 3 hari dari Singapore ke Jakarta dipersingkat menjadi kurang dari 24 jam. Dalam angka angka ada tercatat dalam BSC tapi bagaimana prosesnya, bagaimana memulai prosedurnya, apa strateggi yang dilakukan,  tidak terlihat.

Kebetulan ini adalah kasus yang saya buat terobosannya di tempat saya bekerja dulu. Bekerja sama dengan pemilik pesawat Boeing 727, barang bisa tiba dari Singapore ke Gudang kami di Jakarta dalam waktu kurang dari 24 jam. Biasanya memerlukan 3 hari. Semua prosesnya dilakukan secara legal melalui Bea dan Cukai. Barang yang dipesan pada hari sebelumnya, sudah tiba di Gudang kami jam 8 pagi. Customer sangat senang karena down time peralatan beratnya bisa sangat dipersingkat. Kerugian pun bisa dikurangi.

Contoh lain: Keberhasilan mengalahkan competitor dengan telak, nilai penjualan yang luar biasa besarnya, untuk suatu proyek. Perlu dipelajari bagaimana hasil itu bisa dicapai, bagaimana persiapannya, strategi yang dipakai, bagaimana pricing-strategy-nya, bagaimana mengatur on time delivery-nya dan lainnya.

Ada contoh lain dari pengalaman sendiri di mana keunggulan competitor bisa dibalik 180 derajat.  Sebelumnya competitor yang unggul dan mendominasi penjualan alaat berat ke satu customer besar. Akhirnya, kami yang mendominasi penjualan. Apa rahasianya?

Sederhana: meningkatkan kualitas after sales service (pelayanan purna jual) secara kuantum, jauh melebihi kemampuan competitor. Permintaan mekanik harus dilayani dengan super cepat. Kalau sebelumnya mekanik baru berangkat ke lokasi customer dalam 4-5 jam, dirombak total menjadi hanya dalam 1 jam. Cara lain adalah dengan membangun total komunikasi (ngopi istilah ‘total footbal’) yang baik mulai dari level bawah (operator, mekanik dari customer) sampai level atas (supervisor, manager, direksi). Olah raga bersama adalah salah satu kegiatan yang rutin kami adakan.

Sesungguhnya suatu terobosan bisa dipelajari polanya dan bisa diterapkan pada proses proses yang lain. Tentunya dengan cara yang berbeda. Ada beberapa terobosan yang saya buat selama aktif bekerja di Perusahaan. Setelah pensiun, tentunya penerus saya hanya tahu proses yang sudah berjalan, tanpa pernah tahu bagaimana keistimewaan itu bisa dicapai.

Sekiranya ada Book of the Record yang dibuat oleh Perusahaan, maka setiap karyawan bisa mempelajari bagaimana prestasi prestasi itu bisa dicapai. Dan yang lebih penting lagi, bagaimana mereka bisa membuat terobosan terobosan baru dalam kariernya.  

Apa saja yang perlu dicatat dalam Book of the Record itu?

Record ini perlu dipisahkan menjadi dua:

Pencapaian yang luar biasa.

  • Prestasi besar yang dicapai, baik nilainya maupun prosesnya, bagaimana prosesnya (strategi pencapaiannya)
  • Terobosan terobosan yang berhasil meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.
  • Karyawan karyawan yang berperan penting daam pencapaian itu.

Masalah Besar.

  1. Masalah besar dan serius yang pernah terjadi, kenapa sampai terjadi
  2. Bagaimana mencegah terjadinya masalah besar di kemudian hari.

Manfaat dari Book of the Record:

  1. Memberi motivasi key person untuk terus berprestasi besar
  2. Memelihara budaya continuous improvement
  3. Membuka pintu terobosan terobosan baru dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.
  4. Mencegah terjadinya masalah besar yang merugikan perusahaaan

Oh, iya, manfaat membuat semacam Book of the Record atau bisa disebut sebagai Success Story (Problem Story) berlaku juga untuk setiap orang lho!

Ada baiknya kita semua membuat catatan catatan seperti itu. Manfaatnya: memberi motivasi untuk mengulang prestasi di masa mendatang dan mencegah masalah yang sama timbul di kemudian hari.

Dan jangan lupa manfaatnya untuk melengkapi CV lamaran kerja atas semua prestasi Istimewa yang telah dicapai……

Salam Relative-Contradictive,

Eka Wartana

Author:

Relative-Contradictive dalam Profesi, (pesan buku via WA ke: 081281811999)

Berpikir Tanpa Mikir – Terobosan Cara Berpikir,

To Think Without Thinking – A Thinking Breakthrough,

MindWeb-A New Way of Thinking.

Founder and Master Trainer:

The MindWeb Way of Thinking

Problem-Preventing, The Advanced Competency – The MindWeb Way

#relativecontradictive #problempreventing #tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #ekawartana  #karyaanakbangsa #aslikaryaindonesia #mindweb #bookoftherecord #prestasi #continuousimprovement #terobosan

Leave A Response »