5 Tipe Leader (versi baru)

admin 05/08/2021 0
5 Tipe Leader (versi baru)

Oleh: Eka Wartana

Kualifikasi seorang Leader dilihat dari pembicaraan dan tindakannya, bisa dibedakan menjadi 5 tipe:

           No Talk No Action (SLEEPER)

           No Action Talk Only (TALKER)

           No Talk Action Only (DO-ER, bukan dower)

Walk the Talk (TALKWALKER)

           Run the Talk (TALKRUNNER)

No Talk No Action

Dia tidak bicara, tidak memberikan arahan, tidak berkomentar. Dia juga tidak mengambil action apapun. Dia itu tipe “Don’t Care” Leader atau “Sleeping Leader”. Sesungguhnya dia bukanlah Leader. Single fighter juga bukan. Diabukan siapa siapa! Tapi leader tipe ini punya titel lho! SLEEPER!

No Action Talk Only

Dia mahir berbicara, banyak berteori, pandai berargumentasi, pandai memberi kritik, pandai berkata-kata manis. Tapi dia entah tidak mampu atau tidak mau menjalankan apa yang dikatakannya. Dia tidak memonitor apa yang dilakukan bawahannya. Tidak ada pendelegasian pekerjaan. Yang ada hanyalah “abdikasi” (setelah diberikan ke bawahan…selesai sudah! Tak ada control, tidak ada monitor)

Titel leader tipe ini: TALKER

No Talk Action Only

Yang ini masih lumayan, ada action-nya. Tapi komunikasinya kurang. Dia cenderung menjadi single fighter bekerja sendiri. Kemungkinan bisa terjadi salah arah. Hasilnya mungkin efisien, tapi kurang efektif.  

No talk nya bisa jadi dilatarbelakangi khawatir salah ngomong atau kurang percaya diri. Dalam diam dia bisa menimbulkan berbagai dugaan.

Titelnya: DO-ER, bukan dower lho….

Walk the Talk

Leader ini bukan hanya berbicara, tapi benar benar menjalankan apa yang dikatakannya. Dia memberi contoh dan bisa menjadi teladan bagi anak buahnya. Dia membuktikan komitmennya, memegang janjinya.  Dia mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi.

Title leader keren ini: TALKWALKER

Run the Talk

Ini dia tipe Leader yang luar biasa. Dia melaksanakan apa yang dikatakannya dengan cara dan hasil yang jauh melebihi harapan. Dia selalu termotivasi menghadapi perubahan dan tantangan dan selalu ingin memberikan yang lebih baik.

Titel tipe paling top ini: TALKRUNNER

Metafora Run the Talk ini saya perkenalkan tgl 29 Juli 2021 lalu dalam kenangan terhadap Founder Trakindo, Bp AHK Hamami (Alm). Istilah itu muncul begitu saja tanpa mikir…..

Leader tipe ini bukan hanya membuat customer ‘satisfied (puas) saja, tapi lebih dari itu. Dia memberikan surprise (kejutan baik) buat customer, yang membuat mereka ‘excited’ (bergairah) melebihi harapannya.

Run the Talk ini mampu dilaksanakan oleh orang yang memiliki level commitment, passion, motivation, creativity yang tinggi. 

Oh, iya, kalau mau ada satu lagi tipe Leader yang paling hebat. Apa itu?

Leader yang Sprint the Talk, selain memberikan lebih banyak, dan dalam waktu yang cepat. Supaya tidak membuat confused, tipe ini sementara kita abaikan saja……

Anda tipe Leader yang mana……?

Walk the Talk is not good enough,if you can Run the Talk,

(The MindWeb Way)

Salam Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb Way,

Eka Wartana

Founder, Master Trainer, The MindWeb Way of Thinking

Professional Licensed Trainer (MWS International)

Author: Relative-Contradictive, Berpikir Tanpa Mikir, MindWeb

www.mindwebway.com

#noactionsleeponly #noactiontalkonly #walkthetalk #runthetalk #sprintthetalk #leader #mindwebway #mindweb #berpikirtanpamikir #ekawartana #metafora

Leave A Response »