Focus on WHAT

admin 11/11/2020 0
Focus on WHAT

Oleh: Eka Wartana

Seorang mahasiswa tidak suka mathematic. Bukan karena dia bodoh, tapi karena dia tidak suka dengan dosennya(the WHO), atau tidak suka dengan cara mengajarnya(the HOW). Dia bukan bodoh, tapi menjadi bodoh karena dia salah focus. Seharusnya dia tahu mana yang intinya, mana yang embel embelnya.

Tapi, kata banyak orang, WHO dan HOW nya juga penting. Memang benar, penting. Tapi jangan sampai hal yang dianggap penting membuat hal yang paling penting (the WHAT) terabaikan…..

Saya pernah mengikuti training yang diberikan oleh seorang consultant tua yang didatangkan perusahaan dari Inggris. Peserta dilarang mencatat. Lebih parahnya, tidak ada handout-nya. Peserta lain mengeluh dan sudah memengaruhi semangatnya untuk belajar. Peserta melihat usia consultant-nya (WHO) dan caranya mengajar tanpa handout, tidak boleh mencatat (HOW) dan itu membuat spirit mereka hilang.

Saya melihatnya dari sisi yang berbeda. Tanpa mencatat, tanpa handout, berarti saya harus totally focus pada apa yang diucapkannya. Dengan cara focus dan membuat interkoneksi dari materinya, yang satu dengan yang lain, apa yang beliau ajarkan itu melekat kuat dalam memori sampai sekarang. Ternyata materi beliau sangat amat bagus dan itu yang memengaruhi jenjang karier saya.

Ketika belajar, akan lebih baik kalau setiap orang focus pada “NEED” nya, bukan pada “NICE”nya, apalagi yang “NOT NICE”nya. Jangan biarkan “hallo effect” pada WHO-nya memengaruhi sikap kita. Jauhkan sikap “like” dan “dislike” sebisa mungkin.

Sangat disayangkan, begitu banyak orang yang kehilangan kesempatan mengembangkan dirinya hanya karena salah persepsi dan mengabaikan the WHAT-nya. Akibatnya, muncullah “the WHY”:

“That’s WHY so many people lose their chance to improve their skills and knowledge that affect their future”

Note. ”Hallo Effect”: bias dalam pikiran yang memengaruhi perasaan dan pemikiran terhadap karakter seseorang.

Salam Hangat ala MindWeb Way,

Eka Wartana

Founder The MindWeb Way of Thinking

Master Trainer The MindWeb Way of Thinking (To Think Without Thinking)

Professional Licensed Trainer, MWS International.

Author: MindWeb – A New Way of Thinking, To Think Without Thinking – A Thinking Breakthrough.

Website: www.mindwebway.com

IG: @eka.wartana   FB:facebook.com/eka.wartana5

#mindwebway #mindweb #tothinkiwithoutthinking #berpikirtanpamikir #ekawartana #focus #interconnection #consultant #halloeffect #like #dislike 

Leave A Response »