Virus Baru: CoWEx-20

admin 25/08/2020 0
Virus Baru: CoWEx-20

Virus Baru: COWEX20

Oleh: Eka Wartana

Orang heboh dengan virus Corona, Covid-19. Mereka tidak sadar akan adanya virus baru yang tidak kalah ganasnya dengan Covid-19. Namanya COWEX20.

Iniadalah virus yang tidak langsung berdampak kematian, tapi “killing you softly and slowly”. Virus apa itu?

COWEX20 itu virus yang menjangkiti manusia melalui komunikasi yang excessive. Namanya Communication via WA yang Excessive (berlebihan), mewabah mulai awal tahun 2020, disingkat COWEX20.

Ibaratkan musim hujan, yang mendatangkan banjir. Sekarang ini, bukan hanya banjir air yang melanda, tapi juga banjir yang lain: banjir informasi, banjir video. Kalah terus balapan men-delete yang gak penting dengan datangnya banjir info dan gambar, video….. Kalau delete semua, yang pentingpun ikutan hilang….

Yang paling menyolok belakangan ini adalah membanjirnya VIDEO di medsos.

Volume informasi yang ada di medsos, semakin lama terllihat semakin membengkak. Yang paling menyolok adalah jumlah video dan foto yang semakin membludak. Ada yang berisi pesan pesan penting, tapi tak kalah banyaknya isinya pesa yang berupa “pe-pesan” (kosong). Masih banyak lagi video yang isinya iklan. Ini sih wajar ya, karena dalam masa pandemic ini, para trainer, pakar perlu beriklan untuk online traning.

Video dan foto yang lain isinya berupa luapan narsis. Dianggap menarik dan penting, bagi dirinya yang belum tentu begitu bagi orang lain.

Adakah kesadaran kita akan hal ini? Kiranya hanya sedikit yang menyadari akan ‘virus’ baru ini. Begitu banyak orang yang terjebak dalam pusaran medsos. Begitu banyak waktu kerja yang terserap untuk melihat gadget, yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Begitu besar rongrongannya bagi produktifitas kerja! Kapan ya munculnya kesadaran akan hal ini?

Sangat berbahaya, tapi tidak disadari.

Kabar baiknya, sudah mulai ada orang orang yang menyadari dampak dari “virus informasi” ini. Sudah ada beberapa group yang mulai menunjukkan pengurangan  pesan pesan yang beredar. Entah karena sadar atau karena mulai bosan?

 

Artikel terkait:

Tsunami Informasi https://mindwebway.com/?p=1015

Lebih Cerdas Ber WA-ria https://mindwebway.com/?p=1227

 

Salam Sadar Tanpa Mikir,

Professional Licensed Trainer (MWS International)

Founder, Master Trainer, The MindWeb Way of Thinking

Author Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (Indonesian & English Edition).

Training needs: eka.wartana@mindwebway.com, WA 081281811999

Book needs: WA 081281811999, Amazon.com, ebook: Gramediana.com

#virus #komunikasi #pesan #gadget #narsis #kesadaran #medsos #WA #waktukerja #produktifitas #berpikirtanpamikir #mindwebway #ekawartana

 

 

Leave A Response »