Inter-Emotion Web (Jejaring Emosi)

admin 08/06/2018 0
Inter-Emotion Web (Jejaring Emosi)

Inter-Emotion Web (Jejaring Emosi)

Oleh: Eka Wartana

Kenapa ya, kok orang orang yang lagi berkendara di jalan raya menjadi begitu egois dan tinggi emosinya? Padahal kalau sedang di rumah atau di kantor sikapnya berbeda.

Beberapa hal yang mungkin memengaruhinya:

  • Buru buru karena kuatir terlambat masuk kerja, ke bandara, meeting atau ingin cepat cepat tiba di rumah.
  • Suasana yang hiruk pikuk, traffic yang padat, meningkatkan adrenalin pengendaranya.
  • Tingkah-laku pengendara lain yang mengintimidasi atau mengganggu, yang memancing emosinya.
  • Dorongan bawah sadarnya untuk selalu berkompetisi (sayangnya hanya di jalan raya, bukan dalam performa kerja….).

Sikap pengendara di jalan raya sebenarnya saling memengaruhi karena adanya vibrasi emosi yang tidak disadari. Gelombang elektromagnetik emosi berseliweran antar pengendara. Sayangnya, vibrasi yang beredar itu bersifat negative.

Emosi yang timbul dimulai dari pikiran yang tidak terkendali dengan baik. Antar manusia sesungguhnya ada jejaring pikiran (Inter-MindWeb) yang kemudian menimbulkan jejaring emosi (Inter-Emotion Web). Inter-MindWeb ini merupakan salah satu rahasia dari 7 Rahasia Berpikir Tanpa Mikir yang diulas dalam buku Berpikir Tanpa Mikir.

Pikiran dan perasaan yang ada dalam diri seseorang akan bervibrasi dengan sendirinya terhadap orang orang di sekitarnya. Itulah sebabnya, ketika seeorang karyawan berangkat ke kantor dalam kondisi kesal dan marah, akan merasa sikap rekan rekan di kantor kok kurang ramah terhadapnya. Vibrasi emosinya telah memengaruhi emosi rekan rekannya di kantor.

Itulah akibat buruk dari emosi yang kurang menguntungkan. Tapi, ada kabar baiknya: setiap orang bisa memancarkan vibrasi yang positive, yang akan memancar kembali ke dalam diri kita. Ketika kita berangkat dari rumah dalam keadaan senang hati, perjalanan menjadi lancar, orang orang lain bersikap manis terhadap kita.

Dalam NLP (Neuro-Linguistic Programming), langkah reframing (membingkai ulang suatu pendangan) kiranya berhubungan dengan ‘membalik’ pikiran negative menjadi positive, yang kemudian berdampak pada emosi yang membuat kita bisa menikmati kondisi yang menyenangkan.

Kesimpulannya:

Nasib seseorang sesungguhnya banyak dipengaruhi oleh vibrasi emosi yang dia pancarkan ke sekelilingnnya. Bagaimana seseorang menghadapi hidupnya, tergantung dari jejaring emosi yang dia ciptakan. Sesungguhnya, kendali ada pada dirinya sendiri!

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International), with 33 years of experience in various managerial position in well-known companies.

Founder: The MindWeb Way of Thinking

Author: Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking (English Edition), MindWeb (in Indonesia dan English Edition).

#emotion #mindweb #mindwebway #berpikirtanpamikir #ekawartana #vibrasi #vibration #intermindweb #interemotionweb #jejaringpikiran #jejaringemosi #7rahasiaberpikirtanpamikir #7secret #trainer #founder #author

 

 

 

Leave A Response »