Job Anomaly

admin 25/01/2018 0
Job Anomaly

JOB ANOMALY

By: Eka Wartana

Seorang karyawan mengeluh karena diberi pekerjaan ekstra oleh atasannya. Dia merasa tidak diperlakukan dengan fair. Temannya yang lain tidak terlalu sibuk, tapi kok malahan dia yang diberi tambahan pekerjaan?

Karyawan itu tidak sadar akan adanya job anomaly yang seringkali terjadi di berbagai perusahaan.

JOB ANOMALY?

Kasus ini ibaratkan mutiara yang berada didalam lumpur. Banyak orang yang tidak melihatnya sebagai sesuatu yang berharga.

Dalam profesi, karyawan seringkali mengambil kesimpulan yang salah. Dikasih banyak pekerjaan dianggap menghukum dirinya. Padahal dibalik itu ada “mutiara” yang tersembunyi.

Better = More

Semakin baik karyawan melakukan pekerjaannya, akan semakin banyak dia diberikan pekerjaan oleh atasannya. Loh, kenapa? Yang jelas, atasan selalu menginginkan hasil kerja yang bagus, cepat selesai. Wajarkah kalau pekerja yang bagus diberikan pekerjaan lebih banyak? Saya kira wajar sekali.

Dipercaya akan kemampuannya bekerja dengan baik, kok malah mengeluh?

Better jobs invite more jobs.

OPPORTUNITY

Semakin banyak karyawan menerima tugas, dia akan semakin  terdorong untuk mencari cara kerja baru yang lebih efisien dan efektif (continuous improvement). Inilah keuntungan bagi dia, selain tentunya tambahan ilmu, keterampilan yang lain. Yang lebih penting lagi: kepercayaan atasan kepadanya.

More = Better

Jadi, semakin banyak pekerjaan yang diberikan kepadanya, semakin besar kesempatan untuk maju (opportunity) yang dia akan peroleh.

More jobs bring Better Opportunity

LIFE

Kesempatan yang lebih baik (better) akan memengaruhi kehidupan dan masa depan karyawan.

Better = Better

Dengan opportunity (kesempatan) yang lebih baik (better), maka masa depan karyawan akan lebih baik (better). Kenaikan karirnya akan semakin terbuka lebar. Kalau ada lowongan promosi, dia akan menjadi pilihan utama.

Better Opportunity direct you to a better Life.

Jadi, apabila Anda sebagai karyawan diberikan tugas yang berlebih oleh atasan, syukurilah karena beliau sedang membuka pintu masa depan Anda yang lebih baik.

Sayangnya masih banyak karyawan yang mengartikan salah tambahan tugas yang diberikan oleh atasannya. Maka, nasibnyapun akan terdampar disitu-situ aja. Sayang sekali, bukan?

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International)

Founder: The MindWeb Way of Thinking

Author : Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb, To Think Without Thinking – A Thinking Breakthrough, MindWeb (English and Indonesia version).

Book order: eka.wartana@mindwebway.com, ewartana@gmail.com

mindwebway.com

#tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #mindwebway #mindweb #ekawartana #job #anomaly #opportunity #career #life #thinkingbreakthrough #trainer #mwsinternational #anewwayofthinking

 

Leave A Response »