Anomaly Rewards

admin 15/11/2017 0
Anomaly Rewards

Reward Anomaly

Oleh: Eka Wartana

Siapa yang bisa menyelesaikan masalah akan memperoleh penghargaan dari atasan/ perusahaan. Sekilas hal ini nampaknya wajar saja, bukan?

Tetapi dibalik itu, kalau ada karyawan yang melakukan langkah proactive sehingga mampu mencegah terjadinya masalah, dia tidak memperoleh apa apa. Kenapa? Karena memang “tidak ada masalah” (karena sudah dicegah olehnya).

Orang pada ribut kalau ada oknum yang “dicegah” kabur keluar negeri. Tapi di sisi profesi, perusahaan seringkali diam diam saja, kalau ada masalah yang berhasil dicegah….. Ironis, bukan?

Sikap atasan yang kurang peka terhadap “prestasi yang tersembunyi” seperti itu, akan menciptakan sikap masa bodoh. Bahkan dari sisi ekstrem nya, karyawan akan cenderung membiarkan masalah terjadi….. sebelum menyelesaikannya. Maka diapun memperoleh hadiah.

Bagaimana sebaiknya kita bersikap, sekiranya sikap proactive kita yang bisa mencegah kerugian perusahaan, namun tidak mendapat perhatian.… boro boro penghargaan…?

Saran saya teruskanlah langkah langkah proactive mencegah masalah sebelum terjadi. Istilah MindWeb Way yang saya pakai: menyelesaikan masalah bahkan sebelum masalahnya terjadi.

Kita adalah professional yang tidak dimotivasi oleh hadiah, tidak dikontrol oleh sikap orang lain. Kita berorientasi pada aktualisasi diri (Self Actualization), motivasi kasta tertinggi.

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

#berpikirtanpamikir #themindweebway #tothinkwithoutthinking #interconnection #mindweb #ekawartana #thinkingbreakthrough #anewwayofthinking #selfactualization #

 

Leave A Response »