MindWeb Untuk Para Siswa

admin 02/05/2016 0
MindWeb Untuk Para Siswa

MindWeb Untuk Para Siswa

 Dalam salah satu talkshow di radio, seorang ibu bertanya, apakah ada pengajaran MindWeb untuk anak anak? Pertanyaan itu membuat saya terpikir untuk menuls buku MindWeb untuk anak anak.

Tapi sejauh ini saya masih focus untuk menulis buku tentang topik yang lain.

Untuk membantu para Guru untuk mengajarkan MindWeb kepada siswa siswa, saya mencoba membuatkan tuntuan sederhana untuk para Guru.

 

Aktifitas Pembelajaran:

  1. Guru menerangkan konsep hubungan interkoneksi MindWeb. Hubungan antar hal atau informasi didasarkan pada pengertian, bukan hafalan.
  2. Guru memberikan contoh sederhana hubungan interkoneksi dengan menjelaskannya kepada para siswa.
  3. Guru mendampingi siswa untuk membuat interkoneksi MindWeb melalui contoh yang sederhana. Kemudian membuat gabungan beberapa pasangan informasi.
  4. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal hubungan interkoneksi MindWeb secara berkelompok (lebih baik) ataupun sendiri sendiri.
  5. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa dan menjelaskan hal hal yang sudah benar dan yang masih memerlukan perbaikan, guna melihat kedalaman pemahaman siswa.

Materi Pembelajaran

 Untuk para mahasiswa, karyawan, program latihan bisa memakai diagram MindWeb yang lengkap, sesuai dengan contoh diagram diagram didalam buku “MindWeb”.

Tetapi untuk siswa disarankan memakai diagram mini (Mini MindWeb) seperti yang diuraikan didalam buku terbaru “Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb”.

Saran Materi Untuk Siswa.

  • Cukup diambil interkoneksi antara dua hal saja pada setiap sesi. Misalnya, antara Nilai dan Kepintaran, Nilai dan Kerajinan, Matematika dan Latihan, Matematika dan Rumus.
  • Hubungan itu perlu dimengerti, bukan dihafal. Dengan pengertian, hal hal itu akan lebih kuat didalam memori jangka panjang siswa daripada dengan hafalan.
  • Pasangan pasangan informasi itu akan membentuk rangkaian informasi yang lebih besar didalam otak manusia secara otomatis (hubungan antar neuron, sel sel saraf otak).
  • Adanya alat peraga akan mempermudah siswa untuk mengerti dengan lebih baik.

 

Memakai MindWeb untuk siswa akan memperkuat memori, mengajar siswa untuk melihat secara holistic (menyeluruh), mengembangkan kreatifitas, mengajarkan proses berpikir konsekuensial (consequential thinking, memperhatikan akibat dari tindakannya), mengarahkan siswa agar lebih kritis melihat suatu hal.

Semoga dengan konsep berpikir MindWeb, para siswa lebih mampu berprestasi dengan jauh lebih baik.

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana, Founder & Author of MindWeb and Berpikir Tanpa Mikir.

Leave A Response »