Bukan Kembarannya

admin 13/03/2016 0
Bukan Kembarannya

Bukan Kembarannya

Oleh: Eka Wartana

Ketika talkshow di radio Smart FM 11 Maret 2016 lalu ada pendengar yang menanyakan apakah buku Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb ini cetakan ulang dari buku sebelumnya berjudul MindWeb.

Jawabannya jelas. Keduanya adalah buku yang sangat berbeda. Saudara kembar aja belum tentu sama sifatnya, walaupun mungkin wajahnya mirip. Apalagi bukan saudara kembar. Buku MindWeb lahir pada tahun 2012 sedangkan Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb, disingkat BTM ini masih baru lahir…..usianya baru sebulan.

Dimana perbedaannya?

Buku MindWeb memberikan dasar metode berpikir MindWeb kearah berpikir tanpa mikir. Dalam buku itu ada pemahaman tentang otak dan memori manusia, perluasan cakrawala berpikir, bermain dengan logika, pengenalan konsep MindWeb melalui diagram untuk kehidupan sehari hari dan untuk profesi (karyawan, supervisor, manager, general manager, owner dari segala bidang profesi).

Banyak diberikan contoh contoh diagram dan proses untuk¬†problem solving, decision making, planning, proposal, sales, purchasing, budgeting, dan lain lainnya. Ada juga pembahasan tentang¬†Conscious ‚Äď Competence¬†Learning Model.

Buku baru, Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb, menjurus pada contoh contoh nyata bagaimana berpikir tanpa mikir diterapkan didalam kehidupan sehari hari, bagaimana kita bisa melihat yang tak terlihat oleh orang lain, contoh contoh nyata bagaimana manfaat dari BTM diperoleh dari kehidupan.

Hal sangat penting yang dibongkar di dalam buku ini adalah 7 Rahasia Berpikir Tanpa Mikir, yang antara lain berisi rahasia tentang MindWeb tanpa web (Mini MindWeb). Ini memberikan solusi yang sangat mudah dan sederhana bagi pembaca yang kurang familiar dengan diagram. Mini- mini MindWeb itu membentuk diagram yang lebih besar dengan sendirinya (otomatis) didalam otak manusia.

Rahasia lainnya, adanya kemampuan otak manusia untuk membuat cloning diagram dari yang sudah ada, sehingga hal sejenis bisa muncul begitu saja, tanpa mikir.

Yang cukup mengejutkan dari 7 Rahasia itu adalah sangat miripnya struktur sel syaraf otak (neuron) dengan diagram MindWeb. Jaringan neuron itu berperan sebagai CPU (Central Processing Unit) dan MindWeb sebagai software nya. Inilah yang memungkinkan kita untuk berpikir tanpa mikir.

Nah, bagaimana kita melatih untuk berpikir tanpa mikir? Rahasia ini juga diungkap tuntas dalam buku ini.

Apa lagi keistimewaan dari buku BTM ini? Masih banyak lagi, seperti U-Pipe Theory tentang bagaimana rasio dan emosi memengaruhi tingkah laku orang, bagaimana emosi bisa dikendalikan dengan meningkatkan kadar rasio kita. Masalah masalah kehidupan seperti stress, pikun, overload, ada tips praktis nya bagaimana menghadapi dan menghindarinya.

Pendek kata, banyak sekali hal hal yang sangat bermanfaat yang bisa digali dari buku BTM ini, baik untuk kehidupan pribadi, maupun untuk profesi. Sebuah buku yang sayang untuk dilewatkan.

Einstein bilang, adalah tidak waras bila orang mengharapkan hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama terus menerus. Semua tindakan dimulai dari pikiran. Sekiranya Eintein masih hidup, dia akan mengatakan:

‚ÄúTidak waras: berpikir dengan cara yang sama terus menerus dan mengharapkan hasil yang¬†berbeda‚Ķ‚Ķ‚Ä̬†(sesudah dia belajar MindWeb he he he¬†).

Jadi, ayo kita upgrade cara berpikir kita supaya tidak out of date dan inefficient….dan supaya tidak dibilang gak waras sama Einstein……..

MY WAY…… YOUR WAY…… MINDWEB WAY……

mindwebway.com

Leave A Response »