Solusi Praktis Atasi Nocturia

Eka Wartana 19/09/2023 1
Solusi Praktis Atasi Nocturia

Oleh: Eka Wartana

Banyak orang tua yang merasa tidurnya terganggu karena terbangun malam beberapa kali untuk BAK (buang air kecil). Istilah ilmiahnya, nocturia.

Menurut dokter, seringnya BAK bisa disebabkan oleh penyakit (diabetes, jantung, dll). Bisa juga karena kebanyakan minum kopi/the/alcohol menjelang tidur. Lansia sering mengalaminya, bahkan juga dalam keadaan normal, tanpa minum berlebihan, tanpa penyakit.

Menurut Dr. Bansal, nocturia bukan disebabkan oleh fungsi ginjal, tapi karena melemahnya fungsi jantung. Untuk lansia, cairan tubuh tidak mampu diproses oleh jantung. Semuanya terkumpul di jaringan jaringan tubuh. Ketika rebahan untuk tidur, cairan tidak diproses penuh di jantung tapi langsung di proses oleh ginjal dan keluar sebagai urine. Itu sebabnya, lansia sering terbangun dari tidur untuk buang air kecil.

Solusinya

Solusinya mudah kok.

Sesuai dengan quote yang pernah saya buat:

Ketika salah arah, jalan termudah untuk mengatasinya adalah dengan berbalik arah

(The MindWeb Way)

Quote itu saya pakai untuk mengatasi nocturia. Caranya?

Setelah banyak berjalan, angkatlah kaki dan sandarkan ke tembok selama kira kira15 menit. Lakukan hal yang sama sebelum tidur. Aksi itu membantu jantung yang sudah melemah untuk memproses darah dengan sewajarnya. Darah akan mengalir kembali ke jantung.

Hasilnya, sudah beberapa minggu ini, saya hanya terbangun sekali untuk BAK di malam hari. Biasanya paling sedikit 2 kali. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur kembali setelah itu. Inilah cara yang mudah, gratis dan praktis untuk mengatasi masalah nocturia.

Semoga informasi ini bermanfaat buat para lansia, apakah orang tua, teman, saudara atau Anda sendiri….

Yang mau membuktikan, sila coba ya……

Salam Relative-Contradictive, Eka Wartana

Author:

Relative-Contradictive dalam Profesi, (pesan buku via WA ke: 081281811999)

Berpikir Tanpa Mikir – Terobosan Cara Berpikir,

To Think Without Thinking – A Thinking Breakthrough,

MindWeb-A New Way of Thinking.

Founder and Master Trainer:

The MindWeb Way of Thinking

Problem-Preventing, The Advanced Competency – The MindWeb Way

#relativecontradictive #problempreventing #tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #karyaanakbangsa #aslikaryaindonesia #mindweb #nocturia #carapraktis    

One Comment »

  1. Halim Santosa 07/10/2023 at 5:43 pm - Reply

    Solusi praktis, proses balik arah yang mudah dikerjakan dan efektif. Sy ingat2 dan share ke teman2 yg membutuhkan. Salam sehat 🙏

Leave A Response »