Bersaing Tanpa Pesaing

Eka Wartana 04/07/2022 0
Bersaing Tanpa Pesaing

Oleh: Eka Wartana

Apakah tanpa pesaing, seseorang bisa mencapai posisi yang diinginkannya?

Tentu bisa dong. Tanpa kompetisi bisa diartikan ‘tanpa pesaing’. Apa yang diinginkan bisa dicapai tanpa perlu bekerja keras. Tapi dari sisi lain, ‘tanpa pesaing’ itu bisa juga diartikan ‘tanpa berkompetisi’.

Perlukan ada competitor? Perlu, untuk memberi motivasi diri untuk memenangkan persaingan. Sayangnya banyak orang yang tidak termotivasi kalau tidak ada competitor. Kompetisilah yang menggerakkan dirinya. Situasilah yang mengendalikan dirinya.

Kompetisi dengan kolega seringkali mengundang banyak hal negative seperti: iri hati, fitnah, gossip, sikut sikutan. Selain itu kompetisi seringkali mengganggu teamwork. Kolega bukanlah competitor. Competitor ada di luar sana…..

Jadi, perlukan ada competitor? Perlu!

Tapi tidak usah susah susah mencari competitor, karena competitor utama berada sangat dekat sekali. Dirinya sendiri! Setiap orang perlu berkompetisi dengan dirinya sendiri untuk mencapai hasil yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Tidak semua orang mampu bersaing dengan diri sendiri. Hanya orang yang self-driven yang mampu bersaing tanpa pesaing. Dirinyalah kompetitornya!

Kebanyakan orang tidak mampu bersaing dengan dirinya sendiri. Mereka selalu mencari competitor, supaya ada yang dikalahkannya. Semua orang ingin dikalahkannya, kecuali dirinya sendiri, yang tidak mampu diatasinya.

Daripada berkompetisi dengan kolega, kenapa tidak berkolaborasi saja, sambil meningkatkan prestasi sendiri?

Carilah pesaing yang paling dekat: diri sendiri!

Bagaimana dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lain? Strateginya berbeda tentunya. Produk, service, after-sales service kita harus sangat competitive. Di sinilah prestasi kita dibuktikan, tanpa perlu berkolaborasi dengan competitor.

Dengan kolaborasi, tanpa kompetisi internal kita akan mampu membangun teamwork yang kuat. Dengan begitu kita akan bisa memenangkan persaingan bisnis dengan competitor yang sesungguhnya.

Pembelajarannya:

Dalam membina karier di dalam perusahaan, bersainglah tanpa pesaing….kecuali dengan diri sendiri!

Binalah teamwork yang kuat dalam perusahaan untuk menghadapi competitor bisnis yang sesungguhnya di luar sana……   

Semoga rekan rekan selalu sukses membangun karier bersama sama dengan para kolega. Nothing to lose……, nobody lose, everyone win, except your competitors!

Salam Think Without Thinking,

Eka Wartana

Founder, Master Trainer: The MindWeb Way of Thinking.

Author: To Think Without Thinking (in English), Berpikir Tanpa Mikir, MindWeb (Indonesia & English Edition).

Professional Licensed Trainer (MWS International)

Over 33 years of experience in various managerial positions in well-known companies.

#tothinkwithoutthinking #berpikirtanpamikir #mindwebway #mindweb #karyaanakbangsa #karyaorisinal  #ekawartana #relativecontradictive #competition #bersaingtanpapesaing #kolaborasi #prestasi

Leave A Response »