Zaman NOW Pakai Cara KUNOw

admin 29/05/2021 0
Zaman NOW Pakai Cara KUNOw

Oleh: Eka Wartana

Sejak 15an tahun lalu saya memakai thermos untuk tempat air panas. Air dimasak dengan kompor gas, lalu dimasukkan ke dalam thermos. Kok kuno banget ya…..? Lebih praktis memakai dispenser, kan?

Di sinilah letak unsur relative dan contradictive-nya.

Thermos yang saya pakai merk-nya Lion Star. Saya kagum dengan kualitas thermos produk Lion Star karena kuat dan tahan lama. (catatan: saya bukan agen apalagi owner thermos merek ini….)

Sebelumnya saya memakai dispenser karena praktis dan bisa buat air panas dan dingin sekaligus. Lalu, kenapa beralih ke zaman kuno lagi….?

Ini alasannya:

  1. Dispenser memakai material plastic di dalamnya. Dengan suhu air yang panas, sedikit banyak ada elemen plastic ikut larut ke dalam air dan pada akhirnya masuk ke dalam tubuh kita. Saya kuatir kalau hal ini bisa memengaruhi kesehatan kami sekeluarga. Kasihan anak dan cucu nantinya. Ini hanya pendapat awam lho.
  2. Dispenser memerlukan listrik sebesar sekitar 200 Watt dan dihidupkan terus menerus. Dalam sebulan, pemakaian energinya: 24 jam x 30 hari x 200 watt = 144000 Watt-hour atau 144 KWH. Dengan harga listrik sekitar Rp 1400/ KWH maka biaya sebulan= Rp 200.000, setahun Rp 2.400.000.    

Memakai gas biayanya jauh lebih murah.

Masak air panas paling paling 2 kali sehari, sekitar 5 menit saja setiap kali. Sedangkan dispenser dihidupkan sepanjang masa. Dalam setahun biaya listrik dispenser sekitar Rp 2.400.000. Ini setara dengan harga sekitar 200 kg beras! Untuk satu keluarga kecil, 200 kg beras adalah konsumsi selama dua tahun!

Di bandingkan dengan air kemasan, ini setara dengan 160 gallon air kemasan (3000 ltr)!

Tulisan ini sekedar sharing tentang perbedaaan cara kuno dan cara zaman now menurut sudut pandang saya…..

Mohon maaf ya kalau ada yang kurang berkenan.

Salam Relative-Contradictive,

Eka Wartana

Founder, Master Trainer The MindWeb Way of Thinking

Author: Relative-Contradictive, Berpikir Tanpa Mikir, To Think Without Thinking, MindWeb

Website: www.mindwebway.com

IG: eka.wartana, FB: eka.wartana.5

#thermos #termos #dispenser #airpanas #kwh #biayalistrik #relativecontradictive #mindwebway #mindweb #berpikirtanpamikir #ekawartana

Leave A Response »