Haruskah Cuti Bersama?

admin 24/12/2019 0
Haruskah Cuti Bersama?

Cuti Bersama, Haruskah?

Oleh: Eka Wartana

Asyiiiik…… cuti bersama!

Memangnya bersama ke mana ya, cutinya? Kok Bersama, ‘kan masing masing perginya ke tempat yang berbeda? Kalau cuti bersama keluarga, jelas. Jadi, apakah lebih pas kalau disebut “cuti massal”?

Banyak juga karyawan yang suka dengan program cuti bersama, apalagi perusahaan. Perusahaan senang karena jatah cuti karyawan diambil ketika aktifitas perusahaan lagi rendah. Nah, ketika aktifitas perusahaan lagi padat, jatah cuti karyawan sudah berkurang……

Tapi saya sendiri tidak setuju kalau cuti bersama diterapkan di perusahaan tempat saya bekerja. Karenanya ketika menjabat sebagai GA Director di satu perusahaan penerbangan, saya tidak melaksanakan cuti bersama untuk para karyawan. Yang mau cuti menjelang libur panjang tentu boleh. Karyawan diberikan pilihan, mau cuti atau tidak.

Ada lho perusahaan yang memberikan cuti bersama gratis, tanpa memotong cuti tahunan karyawan. Tapi hampir semua perusahaan memperhitungkan cuti bersama dengan cuti tahunan karyawan. Perusahaan tidak mau rugi tentunya.

Hal ini saya kira merugikan karyawan karena masing masing karyawan sudah punya rencana untuk memanfaatkan cutinya. Pada umumnya mereka menyesuaikannya dengan masa liburan anak sekolah. Dengan cuti bersama, masa cutinya diperpendek. Dampaknya akan sangat terasa untuk karyawan yang pulang kampung, yang jauh dari tempatnya mencari nafkah.

Ternyata masih banyak yang tidak tahu bahwa cuti bersama itu hanya berlaku bagi pegawai negeri sipil. Perusahaan swasta boleh mengatur sendiri cuti karyawannya.

Dalam SKB tentang cuti bersama ini disebutkan:

“Pelaksanaan Cuti Bersama sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU bagi lembaga/ instansi swasta diatur oleh pimpinan masing-masing”

Ada karyawan yang merasa cuti bersama itu adalah cuti ‘paksa’ bersama.

Enaknya pilih yang mana ya…..? (kalau bisa memilih….)

 

Selamat menikmati cuti bersama 2019 dan 2020……

 

Bagi teman teman yang merayakannya, saya ucapkan

Selamat Hari Natal dan Selamat Tahun Baru 2020.

Semoga tahun 2020 memberikan lebih banyak kesuksesan dan kebahagiaan bagi teman teman semua. Aamiin……..

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS Int), Master Trainer–The MindWeb Way of Thinking, dengan 33 thn pengalaman managerial.

Founder: The MindWeb Way of Thinking, To Think Without Thinking

Author: To Think Without Thinking (English Edition), Berpikir Tanpa Mikir (Indonesian Edition), MindWeb– A New Way of Thinking (English dan Indonesian)

Website: mindwebway.com, FB: www.facebook.com/eka.wartana.5

IG: www.instagram.com/eka.wartana/

Need Training?

The MindWeb Way of Thinking/ Berpikir Tanpa Mikir

Management Training?

Contact: 081281811999 (WA) or  eka.wartana@mindwebway.com

#tothinkwithoutthinking

#berpikirtanpamikir

#tanpamikir

#themindwebway

#mindweb

#ekawartana

#cutibersama

#cuti

 

Leave A Response »