What Yang Terpendam

admin 02/03/2018 0
What Yang Terpendam

“WHAT” Yang Terpendam

Oleh: Eka Wartana

Zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu. Dunia training bukan lagi sekedar mengajar, tapi juga menghibur. Istilah ‘edutainment’ banyak dipakai untuk menggambarkan dunia training yang menggabungkan edukasi dan entertainment.

Para trainer berusaha membuat suasana training hidup dan menarik. HOW-nya ini sangat penting. Seorang anak muda akan berhasil atau tidak menembak calon pacarnya sangat tergantung dari caranya PDKT (HOW).

Kalau si calon pacar tahu bahwa yang mengincarnya adalah selebriti atau orang kaya (WHO), maka tanpa berpikir panjang dia akan langsung menerimanya sebagai pacar.

Audiens sangat tergantung pada HOW dan juga WHO-nya ketika mengikuti training. Sama halnya dengan murid yang mendengarkan pelajaran dari gurunya. Kedua factor ini sering membuat bias sehingga WHAT nya tidak begitu penting lagi. Yang penting terhibur. Yang terkadang terjadi adalah factor hiburannya berlebihan, demi menarik perhatian peserta. Anehnya, hal ini tidak menjadi masalah bagi peserta pada umumnya.

Hal ini menunjukkan bahwa seringkali audiens dikendalikan oleh situasi, bukan mengendalikannya. Jelas hal ini tanpa disadari akan merugikan audiens (peserta training).

Sangat jarang peserta training, workshop yang tetap focus pada WHAT (materinya) dan tidak terpengaruh dengan factor HOW dan WHO. Peserta seperti inilah yang memperoleh keuntungan terbesar.

Bagaimanapun juga factor HOW adalah penentu kesuksesan satu training karena peserta akan mampu menyerap WHAT nya dengan lebih baik. Untuk trainer yang sudah dikenal, factor WHO nya menjadi factor penarik peserta.

Kesimpulannya:

  • Seorang trainer seharusnya mampu menyampaikan WHAT-nya dengan HOW yang menarik, supaya peserta memperoleh manfaat yang optimum. (kalau dilakukan dengan konsisten, maka pengaruh WHO-nya akan semakin meningkat dengan sendirinya).
  • Seorang peserta sebaiknya tetap focus pada WHAT-nya, walaupun factor HOW dan WHO nya minimal. (kalau tidak begitu rugi dong, sudahlah gak dapat materinya, pulang dengan rasa kesal pula karena tidak menikmati event-nya). Sayangnya, sangat sedikit peserta tipe seperti ini……

Salam Berpikir Tanpa Mikir,

Eka Wartana

Professional Licensed Trainer (MWS International), with 33 years managerial experience in various position.

Founder The MindWeb Way of Thinking

Author Berpikir Tanpa Mikir ala MindWeb, To Think Without Thinking (English version), MindWeb (Indonesia and English version)

#trainer #training #audiens #who #how #what #focus #entertainment #edutainment #situation #mindwebway #mindweb #ekawartana #berpikirtanpamikir #tothinkwithoutthinking #amazon

 

 

Leave A Response »