Cerdas Emosi Dengan Berpuasa Dan Memaafkan

admin 24/07/2014 0
Cerdas Emosi Dengan Berpuasa Dan Memaafkan(Smart Emotion Radiotalk – Bp Anthony Dio Martin)

Di bulan suci Ramadhan ini, dimana-mana kita melihat poster dan spanduk ucapan selamat berpuasa dan ajakan untuk saling memaafkan. Memang, berpuasa bukan saja menjadi kewajiban agama tetapi sekarang juga sudah menjadi tradisi. Tak mengherankan alasan berpuasa bukan lagi bagus secara spiritual, tetapi dalam praktek kesehatan fisik, dan juga mental pun disarankan untuk melakukan puasa.  Dan setelah puasa di bulan Ramadhan, kita pun menunggu tibanya hari raya Idul Fitri.  Salah satu pesan penting selama Idul Fitri adalah saling memaafkan. Memaafkan…memaafkan yang salah pada kita, memaafkan masa lalu dan membuka lembaran yang baru. Nah, soal memaafkan pun tidak saja bagus secara spiritual, tetapi juga secara psikologis.

 

 

Pelajaran Soal Memaafkan:

“Pak-pak, ingat nggak kesalahan papi sepuluh tahun lalu?”.”Lho,bukannya kamu udah maapin. Iya, sih. Mami cuma mau ingatin, sepuluh tahun lalu papi pernah salah!”.Ini udah maapin atau belum?

 

Diusir oleh papanya dari rumah: tapi akhirnya ia bisa telpon:¬†‚ÄúPapa, meskipun papa pernah usir saya dan saya terluka, saya mau bilang saya memaafkan papa hari ini. Saya menerima papa untuk menunjukkan bahwa diri saya lebih baik dari papa‚ÄĚ.

 

Ada 4 Tipe Orang Soal Mengingat dan Memaafkan!

 

§  TIDAK melupakan, TIDAKmemaafkan: Si  PENDENDAM!

§  BERUSAHA lupakan, TIDAKmemaafkan:  Si MUKA MANIS!

§  TIDAK melupakan, TAPImemaafkan: Si LUKA BATIN

§  BERUSAHA melupakan, JUGAmemaafkan: Si IKHLAS HATI

 

 

Alasan kenapa kita nggak mau memaafkan:

  • Karena kita belum mau lepas kemarahan kita, kita masih marah¬†(belum bisa gw maapin krn gw masih marah!! Ok, mau sampai kapan?)
  • Kita inginkan keadilan:¬†“biar tau rasa tuh orang, semoga ditabrak becak!‚ÄĚ
  • Memaafkan itu seakan-akan membiarkan orang itu lepas, tanpa dihukum,“Enak aja, kalau maafin berarti semaunya selesai dong!”
  • Rasanya ingin membalas, sebagaimana kita sudah disakiti:¬†“Sebelum saya balas perbuatannya, saya nggak kan puas”
  • Mereka belum jera atau belum minta maaf:¬†“Tapi kayaknya dia belum nyesal tuh Pak!‚ÄĚ
  • Tidak percaya mereka akan berubah

 

Bagaimana Cara Pikir Orang Yang bisa Memaafkan?

Fred Luskin dalam buku ‚ÄúForgive for Good‚ÄĚ menyimpulkan¬†3 alasan mengapa mereka bisa memaafkan:

  • Mereka¬†dapat memberikan suatu penjelasan rasional tertentu terhadap sikap¬†orang lain yang telah membuat diri mereka tersinggung (psikologis)
  • Mereka¬†tahu bahwa menyimpan rasa marah dan dan dendam¬†justru merusak orang yang menyimpannnnya (kesehatan)
  • Mereka¬†¬†percaya bahwa kemarahan dn rasa benci menyimpan energi negatifyang menolak dan membuat berbagai berkat dan anugrah Tuhan tidak bisa hadir (spiritual)

 

Apakah Anda sungguh-sungguh memaafkan??

Periksalah Rasa Marahmu!

‚ÄúHabis, dia menyakitiku‚ÄĚ

‚ÄúAku cuma benci dgn dia‚ÄĚ.

Tapi, emosi pasti ada alasannya.

Carilah Alasan, kenapa orang itu membuat kamu marah, karena semakin tahu alasan, semakin mudah mencari solusinya!

 

Terimakasihlah Atas Pembelajaran itu!

‚ÄúSetelah hutan terbakar, semak dan tanaman baru akan muncul kembali‚ÄĚ

 

Setiap orang yang membuat kesalahan pada kita akan memberikan pelajaran kepada kita

§  Membuat kita untuk menjadi lebih berhati-hati

§  Boleh percaya tetapi tetap harus waspada

 

Let it Go-lah atau hal itu akan menghantuimu!

Kisah tentang seorang tua yang anaknya ditabrak mati lalu, dia mendendam selama sepuluh tahun. Lantas, akhirnya ia memaafkan. Lalu, ia pun bisa membangun suatu lembaga bantuan bagi orang tua yang anaknya tertabrak!

‚ÄúSeandainya saya maafkan sepuluh tahun lalu. Entah sudah berapa banyak orang yang bisa saya bantu. Tapi saya terlalu sibuk selama sepuluh tahun degan kemarahan saya‚ÄĚ

 

Apakah Anda  sungguh-sungguh minta maaf?

  • Apa yang kamu lakukan, mungkin kamu tidak pernah mengerti akibatnya! Jadi cobalah meminta maaf, sesedikit apapun kesalahan kita!
  • Kasih waktu bagi orang untuk memaafkanmu. Jangan menuntut!
  • Meminta maaf itu gampang, tetapi melaksanakan permintaan maaf itu lebih mulia.
  • Berjiwalah ksatria, lakukanlah empat mata
  • Jika orang itu belum bisa langsung memaafkan, sabarlah dan mengertilah.

 

 

INFORMASI PENTING!!

Mau menjadi trainer yang genius dalam mengajar dengan menggunakan metafora?

Juga ahli dalam storytelling, menciptakan dan bermain game, dan pengajaran yang membuat orang terkagum-kagum bahkan tahu menghafal rahasia menghafal seluruh headline koran?

Nah, ini hanya buat yang betul-betul serius dan tertarik menjadi trainer bersertifikasi internasional.

Inilah program yang melatihan Anda menjadi trainer berkualitas dan berlisensi internasional.

‚ÄúGreat Trainer in Action‚Ä̬† 11-14 Agustus 2014

 

Kapan Workshop Great Trainer In Action ini diadakan?

Tanggal     : 11-14 Agustus 2014

Jam      : 08.00 Р18.00

Tempat       : Hotel Santika Premier, Jakarta

Daftarkan Diri Anda dan Tim Anda sekarang juga!

MWS Indonesia

(021) 351.8505 atau 386.2521

 

Leave A Response »