Becoming a Great Speaker!

admin 18/06/2014 0

Becoming a Great Speaker!

Smart Emotion – Radio Talk, 18 Juni 2014

(Bp Anthony Dio Martin)

 

B

elakangan ini, kita menyaksikan debat calon presiden Republik Indonesia. Debat ini begitu menentukan, karena beberapa rakyat di Indonesia menilai kualitas presiden dari kemampuan orasi, berkomunikasi serta berdebatnya. Bahkan ada beberapa yang berkata,“Saya tidak akan menentukan memilih siapa-siapa, justru dari kualitas mereka di dalam debat inilah, saya akan menentukan akan memilih siapa!”. Begitulah kekuatan berkomunikasi dan berkata-kata. Persepsi, penilaian serta minat seeorang ternya sangat dipengaruhi dari cara dia berkata-kata!

Mengapa Pilih Topik Ini???

  • Debat Calon Presiden!

Kesimpulan: Nasib seseorang bisa ditentukan oleh kemampuan untuk berbicara! “Anda bisa sepintar apapun, tapi kalau Anda tidak bisa bicara, tidak ada yang mau mendengarkan. Kalau tidak ada yang mendengarkan, maka tidak akan ada orang yang kenal Anda!”

 

Berbagai email dan SMS yang menanyakan:

Ø  “Pak Anthony. Saya seorang mahasiswa yang punya keinginan untuk menjadi seorang motivasional speaker. Saya ingin apa yang saya katakan, bisa mengubah orang. Apa yang harus saya lakukan?”

Ø  “Pak, saya bosan dengan pekerjaan saya dan saya berpikir untuk menjadi seorang pembicara dan trainer seperti yang Bapak lakukan. Saya sudah sering bicara di forum-forum kecil. Bagaimana cara saya memulainya untuk menjadi seorang pembicara yang dikagumi dan disukai orang?”

Ø  “Pak Anthony. Saya pensiunan dari salah satu perusahaan ritel. Beberapa tahun sebelum pensiun, saya pernah ikut kelas training for trainer dengan menggunakan model Quantum Teaching. Alhamdullilah Pak. Sekarang meskipun sudah pensiun, saya masih tetap sibuk mengajar. Ternyata benar kata bapak, pengalaman sebagai praktisi ditambah kemampuan training, membuat saya tidak akan pernah pensiun! Saya tidak pernah lupa pelajaran dari Bapak soal teknik bercerita, teknik membuat analogi, dll. Terima kasih”

 

The Story…

Suatu ketika, ada seorang mahasiswa nyaris lulus, menunggu wisuda, yang mendapatkan undangan untuk mengikuti sebuah seminar. Ini adalah seminar motivasi. Si mahasiswa ini adalah seorang aktivis mahasiswa yang sedang berlibur. Ia diajak oleh temannya. Tiketnya gratis. Tapi pembicaranya, adalah pembicara terkenal.

Si mahasiswa ini duduk diantara seratus lebih peserta yang ada disitu. Rata-rata yang diundang dan hadir adalah para karyawan dan pebisnis. Masalahnya, yang mengadakan adalah sebuah asosiasi bisnis. Si mahasiswa duduk di tengah. Ia pun berkenalan dengan bapak-bapak semejanya. Saat kenalan, ia tidak punya kartu nama karena cuma seorang mahasiswa. Salah satu bapak di meja berkata, “Ow, cuma mahasiswa toh?” Tidak tahu mengapa dia berkata demikian, si mahasiswa ini tidak peduli karena dia penasaran, seminar motivasi itu apa sih? Seminarpun dimulai. Si pembicara dengan antusias bercerita. Kisahnya menghibur dan pengalaman hidup si pembicara begitu memotivasinya.

Tetapi, yang membuat si mahasiswa itu kagum adalah tatkala ia menatap wajah-wajah yang tertawa, terhibur bahkan mengangguk-angguk oleh kisah si pembicara itu. Si mahasiswa itu berpikir, “Sungguh mulia dan luar biasa, bagaimana si pembicara itu menyentuh dan mengubah kehidupan orang-orang ini. Saat keluar dari sini, mungkin mereka menjadi pribadi yang berbeda”. 

Saat itulah, si mahasiswa itu membayangkan dirinyalah yang kelak akan berdiri di depan dan saat itulah si mahasiswa bermimpi, kelak dialah yang akan diundang oleh asosiasi yang sama.  Belasan tahun kemudian sejak kejadian itu berlalu. Si mahasiswa terus melatih kemampuan berbicaranya. Dan akhirnya, seperti diimpikan, suatu ketika, undangan berbicara di asosiasi itu tiba. Dan si mahasiswa yang kini berprosesi pembicara itu, berbicara seperti impiannya. Dan mahasiswa itu adalah SAYA! (Anthony Dio Martin)

 

Bagaimana Bisa Menjadi Pembicara yang Hebat?

1.      Tentukan Pesan Apa yang kamu mau sampaikan!

  • Kamu harus punya “pesan” personal, message, jadi harus ada “content”-nya.
  • Jangan pesan yang terlalu “generic”
  • Nah, kamu tertarik dengan bidang apa? Kalau kamu sendiri nggak tertarik, bagaimana orang lain akan tertarik?

2.      Bangun dan latih kemampuan public speaking mu!

  • Bangun fundamental
  • Ikuti kelas – kelas menjadi seorang Speaker.

3.      Berlatih bicara secara obsesif dan minta feedback

  • Bicaralah dimanapun, kapanpun
  • Jangan pedulikan berapa kamu dibayar

4.      Cari mentormu dan komunitasmu

  • Bisa mentor secara langsung, bisa pula mentor yang “imaginer”
  • Bacalah sebanyak-banyaknya soal mentormu

5.      Siapakah audiensmu

  • Dalam bisnis “KYCKnow Your Customer
  • Kenali bahasa mereka sehari-hari apa sih? Jangan pakai bahasa yang susah kalau level pendidikan mereka beda

6.      Belajarlah mulai menjual ide-idemu

  • Bikin website, bikin blog, status di twitter, facebook

7.      Belajarlah menulis artikel dan buku

  • Menulis adalah kemampuan untuk menuangkan pikiran secara tertata dengan baik
  • Dan Buku menunjukkan passion kita

8.      Terus-meneruslah improve dan belajar

  • Harus berani investasi untuk mendapatkan hasil
  • Rajin-rajinlah membaca buku

 

INFORMASI TAMBAHAN:

Tertarik Menjadi Trainer Bersertifikasi Internasional?

“Great Trainer In Action Program”

 

11 – 14 Agustus 2014

Jika Anda bercita-cita menjadi pembicara handal, yang bisa menginspirasi dan mengubah orang. Ikuti program sertifikasi trainer berlisensi internasional, yang terbukti melahirkan pembicara-pembicara yang handal. Dimana Andapun akan bergabung dalam komuntas para trainernya. Investasikan diri Anda ke program “Great Trainer in Action!” Sertifikasi trainer yang memberikan gelar ELT kepada Anda

Benefit Buat Anda!

·   Sertifikasi ELT (Essential Licensed Trainer) dari MWS International yang telah mempunyai network luas di Indonesia, Malaysia, Singapura, Jerman, China, dan Australia

·   Materi-materi dengan standard International yang lengkap, praktis dan komprehensif untuk melatih Anda menjadi seorang trainer profesional

·   Setelah diberikan training dan LULUS, profil Anda diakui dan Anda akan mendapat sertifikat kelulusan, dimentor dan masuk dalam komunitas trainer ELT MWS Indonesia

·   Kesempatan dan Peluang untuk menjadi mitra bisnis MWS Indonesia di masa depan

Daftarkan Diri Anda dan Tim Anda sekarang juga!

MWS Indonesia – (021) 351.8505 atau (021) 386.2521

By: Stephanie

Leave A Response »