MAMPU – MAU – TAHU

admin 12/02/2014 0

 

MAMPU – MAU – TAHU

 

Sejak lama saya mempelajari hal tentang kuadran Mampu/ Mau seperti dibawah ini.

Kita bisa melihat bawahan kita, atau diri kita sendiri, di kelompok mana mereka berada.

Tapi menurut saya, kita tidak bisa langsung blame mereka kalau mereka Tidak Mau, ataupun Tidak Mampu, bahkan kalau mereka Tidak Mau dan Tidak Mampu.

 

Suatu pagi, tiba tiba saja muncul dalam pikiran saya (MindWeb syndrome….?), tentang adanya satu factor terkait dengan kuadran itu, yang perlu ditambahkan yaitu factor TAHU. Dari pengalaman, saya melihat banyak sekali orang yang tidak tahu potensi yang mereka miliki dan mereka tetap di area Tidak Mampu. Dan setelah dikembangkan hidden potential nya, ternyata kemampuan mereka bisa maju pesat.

 

Rupanya pikiran saya langsung nge-link ke Johari Window, ke bagian Unknown Area (Johari Window ada di buku MindWeb). Ini salah satu contoh bagaimana kita bisa berpikir tanpa mikir. Pikiran tentang perlunya tambahan TAHU dalam kuadran Mampu/ Mau ini, datang begitu saja, tanpa berpikir untuk mengingatnya. Padahal saya belum pernah membuat diagram MindWeb terkait……Inilah salah satu keistimewaan konsep MindWeb, link bisa dibuat dengan otomatis.

Makanya tidak heran kalau beberapa pembaca buku MindWeb mengaku ide idenya muncul dengan lancar. Sebelumnya, mereka merasa kesulitan dalam hal kreatifitas. Pikiran kita membuat link link yang diperlukan, dengan sendirinya.

 

Jadi, ada tugas yang perlu kita selesaikan untuk memberi motivasi kepada anak buah kita, ataupun diri sendiri.

Adakah potensi yang masih tersembunyi? Bagaimana memunculkan potensi yang terpendam? Factor factor apa yang membuat seseorang bersikap Tidak Mau melakukan sesuatu?

Semoga bermanfaat.

 

 

Leave A Response »