Upgrade Cara Berpikir Kita

admin 25/10/2013 0

Persaingan bisnis dan karir semakin ketat dan berat dari waktu ke waktu. Kalau kita mengambil cara cara traditional, maka kita akan ketinggalan dari orang lain yang sudah memakai cara cara baru.

Seperti yang dikatakan oleh Einstein:

“Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results.” (Melakukan hal yang sama berulang ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda = Tidak waras).

Sebagian besar orang masih berpikir secara linear (Linear Thinking), melihat sesuatunya dari skop yang terbatas, berpikir step by step dari apa yang sudah jelas. Fokusnya hanya pada logika saja. Yang diperlukan untuk bisa melihat banyak solusi, kesempatan (opportunities) adalah berpikir secara non linear. Cara ini akan mengembangkan kreatifitas, memberikan opsi yang lebih banyak untuk solusi maupun kesempatan yang tidak terlihat jelas dengan cara berpikir traditional (linear).

Dulu orang hanya mengenal pijat traditional. Sekarang sudah banyak “model” pijat lainnya seperti shiatsu, acupressure, ala Bangkok, bahkan sampai pijat plus plus…… Pijat traditional masih banyak disukai orang. Demikian pula dengan cara berpikir traditional. Orang lebih suka berada dalam zona nyamannya, sampai dia sadar akan ketertinggalannya dari orang lain, yang memakai cara berpikir baru.

Cara berpikir yang non-linear, yang lateral (Lateral Thinking), memerlukan “tools” serta latihan. Sekarang sudah ada cara berpikir baru (New Way of Thinking) yang memakai konsep interkoneksi sehingga hal hal bisa dilihat dari skop yang luas dan terintegrasi. Hal hal yang tadinya tidak terlihat, bisa muncul dengan memakai konsep interkoneksi ini. (“Melihat yang tidak terlihat oleh orang yang linear thinkers”)

Cara berpikir baru itu sudah beredar dipasaran nasional maupun international, dalam bentuk buku berjudul MindWeb. Menyusul edisi bahasa Indonesianya, MindWeb sudah diterbitkan dalam bahasa Inggeris juga, yang bisa dipesan melalui Amazon.com (English) dan Amazon.com (Indonesia). Tentunya juga bisa diperoleh di toko toko buku Gramedia diseluruh Indonesia.

Sehubungan dengan Ramadhan dan Lebaran ini, kiranya bukan hanya sisi spiritualitas saja yang perlu kita upgrade. Cara berpikir kitapun memerlukan upgrading…..supaya tidak ketinggalan zaman. Yuk, pakai cara berpikir lain, untuk mencapai hasil yang lebih baik….daripada dibilang gak waras sama Einstein……Let’s Think the MindWeb way!

Salam Mindweb

Penulis buku MindWeb, konsep Berpikir Tanpa Mikir

Salam, Eka Wartana

Leave A Response »